Rabu, 19 Februari 2014

Pengertian Segmentasi pasar serta maksud, tujuan, dan manfaatnya

1. Pengertian Segmentasi
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar dari heterogen menjadi homogen.Jadi, perusahaan yang berorientasi pada konsumen akan membagin pasarnya ke dalam segmen-segmen pasar tertentu dimana masing-masing segmen bersifat homogen. Homogenitas masing-masing segmen tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunssn barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, tujuan pembelian, dan sebagainya.

2. Maksud, tujuan, dan manfaat segmentasi pasar
a) Maksud dan tujuan segmentasi pasar
-) Pasar lebih mudah dibedakan
Setiap produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dengan selera konsumen. Sedangkan dilain pihak dengan keadaan pasar yang heterogen dan selera konsumen yang selalu berkembang tenteunya sulit untuk dapat diikuti oleh perusahaan secara terus menerus. Dalam hal ini perusahaan akan cenderung mencari sekelompok konsumen yang sifatnya hoogen sehingga lebih mudah untuk memahami selera konsumen. Dengan demikian pasar lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.

-) Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
Dalam memenuhi kebutuhannya konsumen selalu menginginkan tempat hal penting yaitu kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan memuaskan serta ketepatan waktu. Dari keempat hal tersebut yang sangat dominan adalah perihal pelayanan. Banyak konsumen lari ketempat lain karena masalah pelayanan. Harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibandingkan pelayanan. Menyadari hal terebut maka segmentasi pasar harus dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang mengarah kepada pasarnya. Pelayanan ini juga dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen.

-) Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
Mengingat luas dan beragamnya pasar konsumen, maka akan sulit untuk melayani semua konsumen yang sangat heterogen tersebut. Maka dengan melayani konsumen yang sifatnya hoogen maka strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah dalam menyusun marketing mix yang meliputi produk, harga, distribusi dan promosinya sehingga lebih tajam. Disamping itu dengan melakukan egmentasi pasar maka dapat membantu pihak manejemen ha;l mengarahkan dana dan usaha ke arah pasar potensial yang paling menguntukan karena sasaran pasarnya jelas, serta dapat merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar berserta cara-cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan.

b) Manfaat segmentasi pasar
1. Menyalurkan uang dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan
2. Merencanakan produk yang dpat memenuhi permintaan pasar
3. Menentukan cara-cara promosi yang paling lebih tepat bagi perusahaan
4. Memilih media advertensi yang lebih baik dan menemukan bagaimana mengaloksikan secara baik
5. Mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam promosi
6. Para penjual atau perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menempatkan(mengarahkan) serta membandingkan kesempatan-kesempatan atau harapan-harapan dalam pemasran sehingga dapat ,mempelajari kebutuhan tiap segmen
7. Para penjual dapat menggunakan pengetahuannya yntuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepay terhadap berbagai segmen.
8. Penjual dapat mengatur lebih baik produknya dengan cara pemasarannya

1 komentar:

  1. Why you should stay at the Harrah's Cherokee Casino if you want to
    The 통영 출장샵 Cherokee 과천 출장샵 Casino in Murphy, N.C., is the destination for blackjack, craps, 동해 출장샵 roulette, and craps. 여수 출장안마 The resort, owned by the Eastern 김해 출장마사지 Band of the Cherokee

    BalasHapus